SEO

Yang menyebabkan Ranking Blog / Website Merosot Mendadak di SERP Google

Posted on

Blog/website Kamu pernah terkena penurunan ranking di SERP dengan drastis? Untuk seorang blogger atau yang bekerja jadi internet marketer, kehilangan trafik dari mesin pencari dengan tiba-tiba merupakan hal yang amat menjengkelkan. Ada sejumlah hal yang mejadikan blog ataupun website kita terkena penurunan ranking di SERP Google dengan tiba-tiba. Berikut ini merupakan sejumlah penyebabnya:

1. Google Honeymoon Yang Akhirnya Berakhir

Fenomena Google Honeymoon ini merupakan momen di mana satu blog/ website yang masih baru mendadak memperoleh, ranking yang amat baik di mesin pencari Google, malah dapat hingga ranking Lima besar didalam tempo yang amat singkat. Tapi saat Google Honeymoon berakhir, ranking blog/ website itu tidak tampak lagi di laman utama pencaharian Google. Tak tahu kenapa pihak Google menamakannya sebagai Google honeymoon, namun fenomena ini dapat menjadikan kita yang mulanya senang lalu akhirnya manyun sebab SERP blog / website kita pindah ke posisi yang tidak terjangkau pengunjung yang berpotensi.

2. Dampak Dari Google Sandbox

Google Sandbox merupakan hukuman yang diberi mesin pencari Google kepada blog/ website yang menyalahi standard Google mesin pencari. Yang sangat banyak mengalaminya ialah situs-situs yang menjalankan aktivitas SPAM, entah itu dari internal atau dari external web itu. Pada saat satu blog/ website sudah masuk ke dalam Google Sandbox maka blog/ website itu tidak bakal ada dalam hasil pencaharian Google. Bayangkan dampak yang bakal terjadi kepada bisnis online jika situs kita terkena Google Sandbox. Untuk membalikan website yang mengalami Google Sandbox balik lagi ke laman pencaharian Google bukanlah hal yang gampang serta cepat. Meskipun tidak sedikit webmaster yang sukses membalikan websitenya ke ‘jalan yang benar’, proses serta effort yang dikerjakan rupanya lumayan banyak. Umumnya pemilik website situs yang mengalami hukuman ini mengerjakan sejumlah usaha semacam perbaikan konten jadi lebih baik, membangun backlinks dari website-website authority, dan semacamnya.

3. Update Algoritma Google

Google memang sangatlah perduli dengan hasil pencaharian mesin pencari mereka. Ini tampak dari perubahan yang lumayan besar yang mereka perbuat kepada algoritma mereka. Bila dulu website-website ‘robot/ automatic’ banyak memperoleh ranking yang baik di mesin pencari, saat ini website-website ‘robot/ automatic’ itu sudah banyak yang lenyap dari search engine mereka dan lebih memprioritaskan website-website yang mempunyai konten yang original serta update. Bila kita perhatikan, sekarang Google amat sering meng-update hasil pencaharian di website mereka. Tidak aneh bila kita sering melihat perubahan didalam hasil pencaharian di Google. Pembaruan algoritam inilah yang kerap mejadikan posisi blog/ website di SERP Google kerap mendapati perubahan. Tapi jangan bingung, bila Kamu mempunyai konten yang informatif, original serta website Kamu mempunyai struktur website yang bagus, perubahan Algoritma ini tidak begitu berpengaruh pada ranking Blog/ website Kamu pada mesin pencari Google.

4. Website Kamu Mengandung Malware

Ini salah satu kecanggihan search engine Google, mereka dapat mengetahui bila satu blog/ website mengandung malware – kode/ script yang cukup bahaya untuk pengunjung. Mesin pencari Google bakal memberi peringatan pada calon pengunjung jika website itu memiliki malware yang cukup bahaya, serta calon pengunjung itu pastinya tidak ingin mengambil resiko buka satu web yang berbahaya untuk komputernya. Website-website yang memiliki malware bakal mempunyai reputasi yang jelek, baik dari search engine atau user. Pada akhirnya situs ini bakal ‘terlempar’ dari laman pencaharian di Google. Sebagai seorang pemilik website, kita musti berhati-hati dalam menambahkan file ke dalam hosting.

5. Isi artikel Domain Meng-Copy Dari Sumber Lain

Ini merupakan yang amat sering dilakukan blogger abal-abal. Seorang COPASER yang begitu ahli sekalipun tidak bakal mampu terhindar dari dampak dari tindakannya mengopi konten orang lain bulat-bulat tanpa memberi kredit di konten aslinya. Kita sering melihat bila Google amat suka dengan konten yang original serta berguna untuk pembaca konten itu, dan bakal memberi penalty pada blog yang isinya cuma artikel yang dicopy bulat-bulat dari blog lain. Aktivitas meng-copy konten dari blog lain tanpa menuliskan kredit pada pembuat konten asli merupakan hal yang amat membikin kesal. Bila kita ingin mempunyai blog yang digemari orang serta diminati search engine untuk waktu yang lama, ada baiknya dari sekarang kita berlatih membuat konten kita sendiri. Artikel ini tidak memiliki maksud untuk menghakimi ataupun mengajari pengunjung blog ini, saya cuma ingin berbagi wawasan yang saya peroleh dari pengalaman pribadi serta pengalaman orang lain. Jika ada masukan serta tambahan mengenai yang menyebabkan ranking blog/ website jatuh di Google, saya bakal amat berterimakasih dengan penjelasan yang Kamu berikan. Baca artikel SEO lainnya di http://www.topseo.me/blog-belajar-seo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *